News
 

Sabigaju - Sabistriming: Mural Indah di Studio Sabigaju

Sabigaju - Sabistriming: Mural Indah di Studio Sabigaju

Sabigaju.com – Belum lama ini Studio Sabigaju yang berlokasi di bilangan Pondok Indah, Jakarta Selatan kedatangan murid-murid dari Erudio School of Art (ESOA). Kedatangan para murid tersebut bukan hanya untuk mengisi acara program dialog Sabistriming, namun juga untuk menggambar.

Biasanya media yang digunakan untuk menggambar adalah kertas ataupun kanvas, namun di studio Sabigaju mereka bakal menggambar di salah satu dinding kantor, menjadi gambar seni lukis tembok atau biasa disebut mural.

Salah satu murid ESOA, Icha, menjelaskan bahwa mural yang akan digambar olehnya bersama teman-teman bakal dilakukan di salah sudut studio Sabigaju yang merupakan tembok permanen.

Dengan penuh keceriaan dan penuh semangat, mereka pun melukis dan mewarnai rangka-rangka gambar sesuai perencanaan sketsa.

Salah seorang murid ESOA saat menggambar mural di studio Sabigaju beberapa waktu lalu. (Foto: Sabigaju.com)
Mural Ternyata Tidak Mudah

Ternyata, seni melukis mural itu tidak mudah loh. Soalnya setiap pelukis harus terlebih dahulu mempunyai konsep dengan membuat sketsa lengkap, perlu perhitungan dan perlu adanya manajemen pembagian tugas.

Hal itu dilakukan agar setiap pelukis mengetahui koordinasi tugas masing-masing dan setiap pelukis tidak berebutan dalam penerapan lukisannya.

Ketika sedang proses membuat Mural tersebut, para murid-murid ESOA mengakui bahwa bagian-bagian tubuh yang paling pegal adalah leher dan tangan. Jadi, proses pembuatan mural bukan merupakan proses yang mudah seperti layaknya gambar biasa pada buku atau kanvas.

Murid-murid ESOA saat live di sabistriming. (Foto: Sabigaju.com)

Menurut Mira, salah seorang guru ESOA yang mendampingi para murid menyatakan seni lukis pada media mural mewajibkan setiap pelukis untuk membuat kerangka gambar terlebih dahulu. Selain itu, proses mewarnai gambar pada mural ini dibutuhkan kesabaran dan konsistensi.

Para murid-murid ESOA mewarnai mural dengan beberapa kali lapisan cat warna biru tua sebagai warna dominan untuk mural. Nanti, ketika sketsa gambarnya selesai barulah kegiatan finishing dilakukan.

Nah, buat kamu yang ingin mengetahui kegiatan murid-murid ESOA membuat mural di studio Sabigaju, saksikan video dibawah ini yah. (Sbg/Ary/Rig)

 

 








News Lainnya

Get the latest update of Erudio School of Art by subscribing here