News
 

okezone.com (2013) - Asyik, Ada SMK Khusus Seni & Desain

okezone.com (2013) - Asyik, Ada SMK Khusus Seni & Desain

JAKARTA - Industri seni global terus berkembang, ditambah dengan kemajuan teknologi yang dapat memperkaya karya seni. Para seniman memanfaatkan berbagai medium berbasis perkembangan teknologi komputer, salah satunya adalah menggunakan manipulasi digital sebagai sarana berekspresi.

Founder Erudio School of Art (ESOA) Monika Irayati menjelaskan, diperlukan keseriusan berbagai pihak seperti guru, orangtua, pelaku di dunia seni visual, dan pengusaha untuk melahirkan talenta-talenta baru yang dapat bersaing di pasar global.

"ESOA dengan tema 'Art For Life' hadir untuk memenuhi kebutuhan akan talenta-talenta baru yang mampu bersaing di pasar global. Kami percaya semakin dini anak-anak kita menentukan profesi apa yang akan mereka tekuni di kemudia hari, maka semakin banyak waktu yang mereka miliki untuk bisa mengasah kemampuannya," ucap Monika dalam pembukaan Launching Erudio International Highschool of Art (First School of Art in Indonesia) di Edwin Gallery, Kemang, Jakarta Selatan, Sabtu (4/5/2013).

Misi ESOA, lanjutnya, adalah agar anak dapat memahami proses belajar dengan baik. Jika hal itu tercapai, maka anak akan menganggap belajar menjadi sebuah kebutuhan untuk pengembangan diri. Sehingga secara tidak langsung tentu industri kreatif Indonesia juga ikut berkembang.

"ESOA merupakan sebuah SMK seni dan desain (setara SMU) dengan dua ijasah. Pertama ijasah kesetaraan dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) dan ijasah yang disertifikasi oleh EDEXCEL, yakni lembaga sertifikasi akademik dan kejuruan terbesar di Inggris dengan jaringan sekolah dan universitas di lebih dari 100 negara," jelasnya.

ESOA akan dibuka pada Juli mendatang. Dengan adanya lembaga tersebut, kata Monika, diharapkan dapat memberikan kesempatan bagi remaja untuk mengekspresikan ide mereka dan menunjukkan jika seni dapat memberikan pengaruh bagi kehidupan.

Original Article : https://news.okezone.com/read/2013/05/04/373/802200/asyik-ada-smk-khusus-seni-desain








News Lainnya

Get the latest update of Erudio School of Art by subscribing here