ESoA News
 

Menyelamatkan Citarum dengan Olahraga Ini

Menyelamatkan Citarum dengan Olahraga Ini
BOGOR, KOMPAS.com - Apa yang terkenal dari Sungai Citarum? Laman greenpeace.org memaparkan catatan unik. Citarum yang hulunya berada di Gunung Wayang di selatan Kota Bandung adalah sungai terpanjang di Jawa Barat. Panjangnya 269 kilometer, mengalir ke Laut Jawa, sebelah utara Pulau Jawa.

BOGOR, KOMPAS.com - Apa yang terkenal dari Sungai Citarum? Laman greenpeace.org memaparkan catatan unik. Citarum yang hulunya berada di Gunung Wayang di selatan Kota Bandung adalah sungai terpanjang di Jawa Barat. Panjangnya 269 kilometer, mengalir ke Laut Jawa, sebelah utara Pulau Jawa. Untuk urusan perut manusia, Citarum adalah sumber denyut nadi perekonomian Indonesia. 

Apa pasal? Sebanyak 20 persen produk domestik bruto (GDP) Indonesia ada di sepanjang Citarum. Bentuknya, kawasan industri. Nah, soal keterkenalan Citarum, Kompas.com pernah menulis bahwa sungai ini termasuk golongan sungai paling tercemar di Indonesia. Penyebab begitu kotornya Citarum adalah sampah plastik. (Baca: Cerita Dua Pemuda Perancis yang Ingin Sungai Citarum Bebas dari Sampah) Revitalisasi

Sementara itu, Padjadjaran Alumni Club (PAC) dalam keterangan tertulisnya pada Minggu, pekan lalu, memberikan informasi bahwa dengan segala pencemaran itu, Citarum membawa dampak sosial, khususnya bagi warga yang tinggal di sekitar sungai itu. PAC didirikan oleh alumni Fakultas Hukum Universitas Padjadjaran, Bandung. Bertolak dari situlah, PAC menggelar PAC Charity Golf Tournament 2018 sebagai bentuk kegiatan kepedulian perkumpulan nirlaba itu peduli pada gotong-royong menjaga kelestarian sungai. Turnamen untuk kali ketiga itu bertajuk Revitalisasi Sungai Citarum. "Ini sesuai dengan Hari Sungai Nasional tiap 27 Juli sejak 2011," tutur Ketua Umum PAC, Ary Zulfikar. Ary Zulfikar juga menyampaikan PAC Charity Golf Tournament 2018 merupakan ajang silaturahim dan business matching. Kegiatan ini termasuk penggalangan dana untuk kegiatan sosial kemasyarakatan.   Ketua Panitia PAC Charity Golf Tournament 2018, Yudianta MN Simbolon menyampaikan, PAC juga menggandeng Eurodio School of Art (ESOA), sekolah seni rupa setara SMA. Kerja sama keduanya berbentuk penyelenggaraan lelang lukisan karya anak-anak bangsa yang mempunyai talenta di bidang kesenian. Sebagian dana yang terkumpul dari hasil lelang akan disumbangkan oleh ESOA kepada Komunitas Baraya Cikapundung, yang kemudian akan menyalurkannya untuk keperluan Revitalisasi Sungai Citarum. Turnamen golf ini mendapat dukungan juga dari Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman Republik Indonesia.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Menyelamatkan Citarum dengan Olahraga Ini", https://olahraga.kompas.com/read/2018/07/31/16213078/menyelamatkan-citarum-dengan-olahraga-ini
Penulis : Josephus Primus
Editor : Josephus Primus




ESoA News Lainnya

Get the latest update of Erudio School of Art by subscribing here